Thursday, 11 October 2012

TEKNIK DASAR DAN PERATURAN SEPAK BOLA

Teknik Sepak Bola

  1. Passing adalah teknik mengumpan atau mengoper bola kepada teman dalam satu tim. Passing sangat penting karena berfungsi untuk menghubungkan bola dari satu pemain ke pemain  yang lain diseluruh bagian lapangan dan merupakan sebuah usaha dalam melakukan sebuah serangan. Passing dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki.
  2. Dribbling adalah teknik menggiring bola atau menguasai bola saat sedang bergerak. Dribbling dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki
  3. Shooting adalah teknik menendang bola kearah gawang  yang bertujuan untuk menciptakan gol.
  4. Heading adalah teknik menyundul bola. Heading berfungsi antara lain untuk menciptakan gol, untuk memberi umpan ke teman, untuk membuang bola keluar lapangan dan untuk mengontrol bola dari atas.
  5. Controlling adalah teknik menghentikan dan menguasai bola. Controlling berfungsi  untuk menghentikan dan menguasai bola yang dioperkan kepada kita. Controlling dapat dilakukan dengan kaki bagian luar, dalam, punggung kaki, telapak kaki, dada, paha dan kepala.

Peraturan Pertandingan Sepak Bola

  • Tendangan Bola Mati
    1. Tendangan sudut  atau corner kick. Tendangan sudut terjadi bila tim bertahan menendang bola melewati melewati garis gawang sendiri.
    2. Tendangan gawang . Tendangan gawang terjadi bila tim penyerang mengeluarkan bola melewati garis gawang, maka tim bertahan berhak atas tendangan gawang.
    3. Tendangan langsung. Diberikan karena adanya pelanggaran serius
    4. Tendangan tidak langsung. Diberikan karena adanya pelanggaran tidak serius
  • Peraturan menguntungkan adalah pada saat permainan berlangsung wasit membiarkan terjadinya pelanggaran tanpa menghentikan permainan, hal ini dilakukan karena wasit menilai jika permainan dihentikan maka akan merugikan tim yang dilanggar.
  • Offside. Terjadi bila seorang pemain lebih dekat dengan garis gawang lawan dari pada bola yang datang. Offside tidak berlaku bila pemain berada di daerah pertahanan sendiri, operan dari lemparan kedalam, tendangan sudut, pemain dalam posisi offside tetapi pasif tidak mengambil keuntungan.
  • Hukuman pemain. Hukuman pemain dapat berupa kartu kuning maupun kartu merah tergantung tingkat pelanggaranya
  • Throw In adalah lemparan kedalam, tekniknya adalah saat melakukan lemparan kedalam kedua telapak kaki harus menginjak tanah dan harus dilakukan di belakang garis
Pengetahuan Umum Sepak Bola

  • Ukuran lapangan sepak bola yaitu Panjang 90 m – 110 m, Lebar 45 m – 90 m
  • Wasit, wasit adalah orang yang memimpin pertandingan dalam sepak bola. Wasit dibantu oleh 2 orang hakim garis (linesmen) dan Inspektur pertandingan
  • Pemain sepak bola berjumlah 11 orang terdiri dari : Penjaga gawang (goalkeeper), Pemain belakang (defender), Pemain gelandang (midfielder), Pemain penyerang (striker)
  • Induk Organisasi Sepak Bola
    1. Induk organisasi sepak bola dunia adalah FIFA : Federation International Football  Amateur
    2. Induk organisasi sepak bola indonesia adalah PSSI : Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia



klik dibawah ini untuk
 mendownload artikel dalam bentuk MS. WORD

1 comment: